Jumat, 28 Februari 2014

macam-macam gaya permainan, dulu dan sekarang

Oktober 9, 2013
Beberapa gaya permainan yang terkenal di dunia adalah verrou (Swiss), jogo bonito(Brasil), kick and rush (Inggris), total football (Belanda), catenaccio (Italia), tango(Argentina), tiki-taka (Spanyol) body crash football (Afrika) dan parkir bus.
  1. Verrou
Dalam bahasa Prancis, arti dari verrou adalah rantai. Verrou merupakan gaya permainan sepakbola dengan pertahanan berlapis layaknya rantai yang berpusat pada pemain verrouilleur (pemain yang sangat defensif dan diposisikan tepat di depan kiper). Gaya permainan ini muncul karena sang pencetusnya, Karl Rappan, terilhami oleh filosofi bahwa pertahanan merupakan kunci kesuksesan dan penyerangan diawali dari pertahanan. Gaya permainan ini menjadi pusat perhatian orang di era 1950-an, tepatnya saat tim nasional Swiss membuat kejutan di Piala Dunia yang diadakan pada tahun 1954. Tim yang pernah menggunakan gaya permainan ini adalah timnas Swiss. Di samping itu, oleh banyak pihak, gaya permainan ini disebut-sebut sebagai cikal bakal lahirnya gaya permainan bertahan lainnya , yaitu catenaccio.
  1. Jogo Bonito
Menurut bahasa Portugis, jogo bonito berarti permainan indah . Jogo bonito adalah gaya permainan sepakbola indah yang  memadukan unsur skill individu  dan kerjasama para pemain. Dalam gaya permainan ini, tidak jarang kita melihat tubuh parapemain bergerak lincah seperti menari-nari di lapangan. Kemunculan gaya permainan ini memang banyak dipengaruhi oleh tarian tradisional asal Brasil yang bernama samba. Seorang sosiolog Brasil, Gilberto Freyre, dalam bukunya yang terbit tahun1959 menyebutkan, “Sudah menjadi kebiasaan orang Brasil memainkan tarian untuk mengurangi beban pikiran dalam pekerjaan atau kehidupan keseharian. Itu sebabnya, orang  Brasil bermain bola seolah-olah itu tarian”. Jogo bonito  mulai dikenal publik sekitar  akhir 1950-an dengan ditandai oleh pencapaian emas Brasil di ajang Piala Dunia. Tim yang  pernah menggunakan gaya permainan ini adalah timnas Brasil dan sejumlah klub sepakbola asal Brasil.
  1. c.       Kick and Rush
Dalam bahasa Inggris, arti dari kick and rush adalah tendang dan serbu. Kick and rush merupakan sebuah gaya permainan sederhana yang memadukan unsur kekuatan dan kecepatan. Gaya permainan ini murni hanya berpatokan pada 2 hal, yakni kecepatan dan fisik, sehingga penganut gaya ini pasti akan menempatkan orang-orang terbaik di sektor sayap.  Dengan kombinasi umpan-umpan silang, sayap-sayap inilah yang akan mengobrak-abrik jantung pertahanan lawan. Metode yang mengandalkan umpan-umpan panjang yang merupakan bagian dari Kick and Rush, pertama kali dikemukakan oleh Charles Reep, seorang veteran tentara Inggris yang kemudian menjadi pengamat sepak bola pada tahun 1950-an. Dalam pengamatannya yang kerap menyaksikan gol dari sebuah proses tak lebih dari tiga kali umpan, membuatnya menarik kesimpulan sangatlah penting jika si kulit bundar secepatnya dikirim ke arah gawang lawan, sehingga peluang gol semakin besar. Gaya kick and rush menjadi sangat populer di tahun 1966, tepatnya saat Inggris berhasil menjadi juara dunia dengan menggunakan gaya ini. Tim yang sering menggunakan gaya permainan ini adalah tim-tim yang berasal dari Britania Raya serta sejumlah klub sepakbola  asal Inggris.
  1. Total Football
Dalam bahasa Inggris, arti dari total football adalah sepakbola dengan totalitas. Total football adalah sebuah gaya permainan dalam sepakbola yang mengandalkan permainan kolektivitas tim, baik dalam menyerang maupun bertahan. Konsep total football adalah di mana semua pemain bertahan harus menjadi penyerang, dan semua penyerang harus menjadi pemain bertahan, sehingga pemain dapat berpindah-pindah posisi setiap saat. Tootal football sendiri bisa muncul dan dikenal berkat pemikiran seorang pelatih hebat asal Belanda yang bernama Rinus Michel. Gaya permainan ini mulai populer di masyarakat dunia sekitar akhir 1960-an hingga 1970-an, atau tepatnya setelah klub Ajax Amsterdam meraih berbagai gelar dan timnas Belanda menjadi Runner-up Piala Dunia. Tim yang pernah menggunakan gaya permainan ini adalah Ajax Amsterdam, timnas Belanda, timnas Belgia dan Barcelona di masa kepelatihan Johan Cruijff.
  1. a.       Catenaccio
Dalam bahasa Italia, catenaccio berarti  gerendel atau pintu baut. Catenaccio merupakan sebuah gaya permainan yang mengandalkan pressure (tekanan) ketat didaerah pertahanan sendiri dan menunggu saat yang tepat untuk melancarkan serangan balik (counter attack) ke daerah lawan. Ciri khas dari permainan ini adalah adanya man to man marking (penjagaan satu lawan satu) dan pemain yang berfungsi sebagai libero. Gaya permainan ini muncul berkat hasil dari pemikiran dua orang pelatih hebat yang berasal dari Italia dan Argentina, yakni Nereo Rocco dan Franco Helenio Herrera. Catenaccio sendiri mulai populer sekitar akhir 1960 hingga 1970-an, tepatnya saat Inter Milan meraih berbagai gelar di berbagai ajang dengan menggunakan gaya permainan tersebut. Tim yang pernah menggunakan gaya permainan catenaccio adalah timnas Italia, Inter MilanPadova dan Triestina
  1. b.      Tiki-taka
Tiki-taka merupakan sebuah gaya permainan sepak bola yang mengandalkan umpan-umpan pendek dengan pergerakan yang dinamis, memindahkan bola melalui beragam saluran, serta mempertahankan penguasaan bola. Dalam gaya permainan ini, kita dapat melihat adanya gaya yang ofensif sekaligus defensif. Hal ini dikarenakan tim yang memainkan tiki-taka selalu menguasai bola, sehingga tidak perlu adanya pergantian antara bertahan dan menyerang. Menurut banyak pihak,kemunculan tiki-taka banyak dipengaruhi oleh gaya bermain yang dipopulerkan dan diterapkan oleh Johan Cruyff semasa menjadi manajer Barcelona pada tahun 1988 hngga 1996. Gaya ini terus dikembangkan di bawah pelatih asal Belanda lainnya, Louis Van Gaal dan Frank Rijkaard. Tiki-taka sendiri mulai populer sekitar 8 tahun belakangan ini, atau tepatnya setelah Barcelona dan tim nasional Spanyol meraih berbagai gelar bergengsi dengan menggunakan gaya permainan ini. Tim yang pernah menggunakan gaya permainan ini adalah timnas Spanyol, Barcelona dan Villareal.
  1. c.       Body Crash Football
Menurut bahasa Inggris, arti dari body crash football adalah sepakbola dengan fisik keras. Body crash football merupakan sebuah gaya permainan  yang sangat mengandalkan kekuatan dan ketahanan fisik para pemainnya. Oleh sebab itu, dalam gaya permainan ini, tidak jarang kita melihat  para pemain sering menggunakan tubuhnya dalam mempertahankan dan merebut bola. Masih belum jelas kapan dan bagaimana gaya permainan ini dapat populer. Yang jelas, kemunculan gaya permainan ini banyak dipengaruhi oleh pemain asal benua Afrika yang merumput di Eropa. Tim yang pernah menggunakan gaya permainan ini adalah tim yang memiliki pemain dengan tubuh yang relatif besar, seperti timnas-timnas asal benua Afrika,Denmark, Norwegia, Swedia, dan negara-negara skandinavia lainya.
  1. h.      Parkir Bus
Dalam bahasa inggris, arti dari parkir bus adalah memarkir bis. Parkir bus adalah sebuah gaya permainan ultra defensif dengan cara menumpuk pemain di area kotak penalti sendiri agar tidak kebobolan. Tidak tanggung-tanggung, dalam gaya permainan ini biasanya ada sembilan pemain yang bertahan di area kotak penalti sendiri. Pemain yang seharusnya beroperasi sebagai gelandang dan penyerang justru bertahan layaknya “bis yang terparkir”. Gaya permainan ini mirip dengan gaya permainancatenaccio. Gaya permainan ini muncul berkat pemikiran pelatih-pelatih jenius seperti Jose Mourinho dan Roberto Di Matteo yang selalu mencari cara untuk membendung dan menaklukkan tiki-taka milik Barcelona. Gaya permainan parkir bus mulai populer sekitar  dua atau tiga tahun belakangan ini, atau tepatnya setelah Inter Milan dan Chelsea berhasil mengalahkan Barcelona di ajang Liga Champions Eropa dengan menggunakan gaya permainan ini.. Tim yang pernah menggunakan gaya permainan ini adalah Chelsea, Inter Milan dan Glasgow Celtics.
  1. Tango
Istilah tango merujuk pada tarian khas Argentina yang bernama tango. Tango adalah sebuah gaya permainan sepakbola yang  memadukan unsur skill individu  dan kerja sama para pemain. Gaya permainan ini mirip dengan jogo bonito. Perbedaannya, jogo bonito lebih memanfaatkan kelincahan tubuh, sementara tango lebih memanfaatkan kelincahan dan kecepatan kaki para pemainnya. Oleh sebab itu dalam gaya permainan ini tidak jarang kita melihat kaki para pemain  bergerak gesit, contohnya Lionel Messi, Sergio Aguerro, dan Diego Maradona. Sama halnya dengan jogo bonito,kemunculan gaya permainan ini memang banyak dipengaruhi oleh tarian tradisional, lebih tepatnya tarian khas asal Argentina yang bernama tango. Gaya permainan ini mulai populer sekitar era 1970-an dan 1980-an, tepatnya saat timnas Argentina menjadi juara dunia. Tim yang pernah menggunakan gaya permainan ini adalah timnas Argentina.

Sumber referensi :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar