Jumat, 28 Februari 2014

Macam-Macam Olahraga Air Beserta Penjelasannya

Ada berapa macam olahraga air yang ada di dunia ini? Jawabnya sangat banyak sekali. Namun pada dasarnya olahraga air dibagi kedalam tiga kategori, yakni dalam air, di bawah air dan di atas air.
Macam-macam olahraga air
Macam-Macam Olahraga Air Kategori Dalam Air

Renang

Renang adalah olahraga yang melombakan kecepatan atlet renang dalam berenang. Gaya renang yang diperlombakan adalah gaya dada, gaya punggung,  gaya kupu-kupu  dan gaya bebas. Perenang yang memenangkan lomba renang adalah perenang yang menyelesaikan jarak lintasan tercepat. Pemenang babak penyisihan maju ke babak semifinal, dan pemenang semifinal maju ke babak final.

Polo Air

Polo air adalah olahraga air beregu, yang dapat dianggap sebagai kombinasi renang, bola basket,  sepak bola dan gulat. Satu tim bertanding terdiri dari enam pemain dan satu kiper. Tujuan permainan menyerupai sepak bola, yaitu untuk mencetak gol sebanyak-banyaknya, satu gol dihitung satu poin.

Renang Indah

Renang Indah atau renang sinkronisasi adalah olahraga yang memadukan unsur-unsur renang, tari dan senam. Olahraga ini dipertandingkan secara tunggal, duet, trio atau beregu. Renang indah memadukan kekuatan dan ketahanan fisik dengan kemampuan menahan napas sewaktu berada di dalam air, nilai artistik, keanggunan dan keluwesan. Berkembang awal tahun 1900-an di Kanada, renang indah adalah olahraga yang didominasi wanita.

Snorkeling

Snorkeling (selam permukaan) atau selam dangkal (skin diving) adalah kegiatan berenang atau menyelam dengan mengenakan peralatan berupa snorkel dan masker selam. Selain itu, penyelam sering mengenakan alat bantu gerak berupa kaki katak (sirip selam) untuk menambah daya dorong pada kaki.

Loncat indah

Loncat indah merupakan perpaduan gerakan akrobatik di udara dan loncatan. Pada dasarnya loncat indah terdiri dari loncatan yang dimulai dari langkah take off atau pantulan take off kemudian masuk ke air. Penggunaan papan loncat adalah kombinasi dari gerakan saat di udara setelah take off dan sebelum masuk ke air.

Macam-Macam Olahraga Air Kategori Di Bawah Air

Diving rekreasi

Diving rekreasi atau olahraga menyelam adalah jenis menyelam yang menggunakan peralatan SCUBA untuk tujuan rekreasi dan kenikmatan. Dalam beberapa kalangan menyelam, istilah "diving rekreasi" digunakan dalam bertentangan dengan "diving teknis", aspek yang lebih menuntut olahraga yang memerlukan tingkat yang lebih besar pelatihan, pengalaman dan peralatan.

Olahraga Bawah Air

Olahraga bawah air  adalah sekelompok olahraga kompetitif menggunakan salah satu atau kombinasi dari teknik menyelam bawah air berikut – tahan napas, snorkeling atau scuba termasuk penggunaan peralatan seperti masker menyelam dan sirip. Olahraga ini dilakukan di lingkungan alam di situs seperti air terbuka dan terlindung atau terbatas air seperti danau dan di lingkungan perairan buatan seperti kolam renang. Olahraga bawah air meliputi - aquathlon (yaitu gulat air), finswimming, selam bebas, spearfishing, olahraga menyelam, sepak bola bawah air, hoki bawah air, hoki es bawah laut, orienteering bawah air, fotografi bawah air, rugby bawah air, menembak sasaran bawah air dan video bawah air. Tata kelola olahraga ini melibatkan beberapa kontroversi.

Macam-Macam Olahraga Air Kategori Di Atas Air

Kano

Kano adalah sebuah perahu kecil dan sempit, yang biasanya digerakkan dengan tenaga manusia, tapi juga lazim diberi layar. Kano biasanya lancip pada kedua ujungnya dan terbuka di bagian atasnya. namun bagian ini dapat diberi tutup.

Memancing

Memancing secara luas adalah suatu kegiatan menangkap ikan yang bisa merupakan hobi, pekerjaan, olahraga luar ruang (outdoor) atau kegiatan di pinggir atau di tengah laut, sungai, danau dan perairan lainnya dengan target seekor ikan. Atau bisa juga sebagai kegiatan menangkap ikan atau hewan air tanpa alat atau dengan menggunakan sebuah alat oleh seorang atau beberapa pemancing.

Kayak

Kayak adalah sebuah perahu kecil bertenaga manusia, biasanya dengan bagian depan dan belakang tertutup, sehingga hanya menyisakan lubang seukuran awak. Kayak dilengkapi dengan dayung berkepala tunggal atau ganda.

Paralayar

Paralayar adalah kegiatan rekreasi sewaktu seseorang melayang ke udara dengan menggunakan parasut khusus dengan ditarik oleh suatu kendaraan (biasanya kapal). Sewaktu kendaraan melaju, orang tersebut akan terangkat ke udara. Bahkan, jika kendaraan tersebut cukup kuat, dua atau tiga orang dapat ditarik dan diangkat ke udara sekaligus. Meskipun awalnya dimulai sebagai olahraga air, kegiatan yang sepintas mirip dengan paralayang ini kini mulai juga dilakukan di darat dengan ditarik oleh kendaraan darat.

Selancar

Selancar merupakan sebuah olahraga yang biasanya berlangsung di atas ombak yang tinggi. Olahraga ini dilakukan dengan menggunakan sebilah papan sebagai alat untuk bermanuver di atas ombak. Papan tersebut akan bergerak dengan menggunakan tenaga arus ombak di bawahnya dan arahnya dikemudikan seorang peselancar. Adrenalin akan terpacu karena tertekan untuk mengarahkan papan selancar sekaligus menjaga keseimbangan. Mirip rodeo, tetapi pada Olahraga ini peselancar menunggangi ombak liar.

Sumber:

3 komentar:

  1. ternyata banyak juga olahraga air, jadi lebih tau nih, paling penasaran pengen nyobain snorkeling.
    salam kenal dr santai saja

    BalasHapus
  2. Saya suka dengan olahraga renang karena tidak perlu beli alat-alat yang mahal. hehe... Thanks infonya.

    BalasHapus


  3. Terima kasih atas artikelnya
    eh, ada yang mau bikin wahana air, kolam renang atau seluncuran ga?
    hubungi aja
    Kontraktor waterboom

    profesional banget deh pokoknya

    terimakasaih

    BalasHapus